Tentang Seni Botani

Seni botani adalah sebuah genre seni rupa yang memadukan kajian botani dan seni rupa. Lebih dari sekedar lukisan bunga, lukisan botani mengambil objek berbagai bagian tumbuhan, mulai dari daun, biji, buah, bunga, perawakan keseluruhan tumbuhan, hingga detail-detail rinci lainnya. Setiap detail itu harus akurat dari sisi ilmu botani, sekaligus memiliki nilai estetika yang mampu menggetarkan hati orang melukis maupun yang melihatnya (Jenny Kartawinata – Pendiri IDSBA).

Rhododendron Javanicum karya Fanny Agustina

Lebih lanjut, kita perlu menyadari perbedaan antara ilustrasi botani, seni botani dan lukisan bunga. Situs Botanical Art and Artists menjelaskan bahwa:

  • Ilustrasi Botani mementingkan catatan ilmiah, kelengkapan dan keakuratan informasi visual untuk membantu botaniwan mengidentifikasi tanaman. Ilustrasi botani konvensional dibuat dari tumbuhan hidup atau spesimen herbarium untuk keperluan tulisan botani seperti artikel atau penjelasan ilmiah. Biasanya, ilustrasi botani menggambarkan semua aspek tumbuhan, termasuk siklus kehidupannya, untuk membantu identifikasi tumbuhan yang akurat. Seringkali ilustrasi botani juga memasukkan gambar bagian-bagian tumbuhan yang sudah dibelah untuk membantu identifikasi suatu spesies. Lebih dari 90% ilustrasi botani memakai warna monokrom (digambar dengan pena dan tinta atau secara digital), untuk memungkinkan pencetakan tanpa reproduksi warna.
  • Dalam Seni Botani, lukisan yang dihasilkan akurat dari sudut pandang ilmu botani, namun tidak harus selengkap ilustrasi botani. Sebuah karya seni botani menekankan pada nilai estetika yang ditemukan pada tumbuhan atau bunga yang dilukis, tanpa harus memenuhi SEMUA persyaratan yang dibutuhkan oleh botaniwan. Karya seni botani kebanyakan berwarna dengan latar belakang polos, dan bisa juga menampilkan informasi tentang tumbuhan yang hidup di habitat aslinya. Seni botani bisa menjadi bagian dari sebuah proyek dan berkontribusi pada catatan tentang tumbuhan di sebuah lokasi atau di sebuah taman.
  • Pada lukisan bunga, penekanan terdapat pada estetika yang menyenangkan mata dan tidak akurat menampilkan bagian-bagian bunga yang beragam. Bunga yang dilukis kebanyakan berada dalam vas dan ditampilkan dalam karya still life, atau di taman maupun di pedesan. Gaya melukis yang dipakai biasanya lebih impressionis, di mana warna atau proporsi ukuran bisa jadi tidak sepenuhnya sesuai dengan warna dan proporsi yang sesungguhnya.

©2018 IDSBA - ALL RIGHTS RESERVED
All artwork copyrighted by the artist. Copying, saving, reposting, republishing of artwork prohibited without express permission of the artist.

DISCLAIMER
Konten yang ditampilkan di situs web ini hanya untuk dan bersifat informasi dan tidak menyiratkan dukungan oleh IDSBA maupun anggotanya.

www.idsba.com
info@idsba.com

error: Content is protected !!