Periode Pameran

27 November 2021 – 21 Januari 2022

Lokasi

Taman Menteng (Rumah Kaca), Jakarta Pusat

Pengunjung

Terbuka untuk umum. Informasi dan pendaftaran pengunjung:

Detail Pameran

Pameran ini merupakan proyek kolaborasi Jakarta Biennale X IDSBA, Dương Mạnh Hùng, Hani Ristiawan, dan Trần Công Trọng dengan subjek tumbuhan Lantana.

Lantana dikenal sebagai tumbuhan pendatang yang invansif. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, tumbuhan ini menyebar ke banyak wilayah, termasuk Indonesia sehingga sering dan mudah dijumpai di lingkungan sekitar kita.

Anggota IDSBA dan seniman lain dari Indonesia dan Vietnam memaknai ulang tumbuhan ini secara indah melalui karya seni botani, jurnal alam, dan media lainnya.

Pembelian Lukisan

Beberapa lukisan Lantana yang dipamerkan sepanjang acara dapat dijadikan koleksi pribadi. Pemesanan dapat melalui formulir di bawah ini:

Tentang Seniman

Dương Mạnh Hùng adalah penulis dan penerjemah independen. Dalam praktik seninya, ia menjalin kerumitan tekstual dan kehalusan visual untuk mengajukan pertanyaan sekaligus menyampaikan tanggapan tentang kondisi dunia. Minatnya akan dinamika alih bahasa diiringi dengan perhatian besar terhadap sejarah sosial politik Asia Tenggara, termasuk sejarah seni botaninya. Ia juga salah seorang pendiri Bar De Force Press, penerbitan independen yang berfokus pada penerjemahan sastra Vietnam.

Hani Ristiawan merupakan lulusan departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Institut Pertanian Bogor (IPB), tahun 2021. Dalam proses perkuliahan, Hani mendalami seni botani dan nature journaling, di mana ketertarikannya terhadap menggambar dan dunia
tumbuhan bertemu.

Ikatan Seniman Botani Indonesia (IDSBA) didirikan di Bogor, 20 November 2017, oleh Eunike Nugroho dan Jenny Kartawinata. Ikatan ini bermula dari sekelompok kecil pecinta seni botani, yang lantas bertemu di dunia maya dan beberapa kegiatan belajar seni botani. Anggota IDSBA terbuka untuk umum, dan kini meliputi seniman botani, ilustrator botani, ahli botani, ahli biologi, dan pecinta tumbuhan dari dalam dan luar negeri.

Trần Công Trọng merupakan pendiri Studio Navigator, Saigon. Ia memandang karya seni tidak hanya sebagai entitas estetika, tetapi juga media yang meningkatkan kesadaran. Dalam proses kekaryaan, Trọng menggabungkan estetika cat air tradisional dengan cara pikir dalam ilmu desain yang berorientasi pada solusi. Karya-karyanya terkadang menyiratkan peringatan tentang peran manusia dalam ekosistem lingkungan.

Daftar Lukisan

error: Content is protected !!